Jumat, 28 Desember 2012

MACAM - MACAM KERUSAKAN TV


 Macam - macam kerusakan TV 


GOLDSTAR CA20A62
Gejala:
-              Pada awal kerusakan tv di tandai starting on nya agak susah,lama kelamaan jika hidup gambarnya susah nangkap siaran pada kanal dengan sempurna,disusul  gambar tidak bisa maksimal antara kiri dan kanan.akhir kasus tv hanya standby tanpa bisa di starting kembali.
Analisa kerusakan:
-            Jika melihat kerusakan bisa di sisitim switching IC micom atau sistim regulator power supply yang tidak     
         sempurna.
Langkah kerja:
-          Pada tahap awal coba ukur seluruh keluaran dari ac matic output baik tegangan 110 v,12v untuk supply bagaian IC suara. 9 v yang di regulasi oleh IC 7805 menjadi 5v yang gunakan untuk mensupply bagaian microprosesor GS 8334-09C sedangkan memory mengunakan atmel 24co2.
-           IC gambar mengunakan TA 8690 AN untuk pembangkit horisontal frekwensi (difrensiatornya) juga di  supply dari 9v.
-          hidupkan TV dengan remote atau dengan menekan tombol program + atau - ,jika lampu kontrol meredup berarti bisa di ambil kesimpulan bahwa IC micom ada reaksi.perhatikan apakah filamen tabung bisa menyala walau sekejap?
-          jika tidak, ukur kembali tegangan di output IC 7805  apakah menunjukan 5 v atau kurang dari ukuran itu. dalam beberapa kasus di sebabkan oleh sensor remote yang mengalami kerusakan sehingga berakibat teganaan 5 v ini drop.
-          lepas sensor remote dari PCB , coba hidupkan kembali mengunakan tombol prog + atau - jika tetap tidak bisa dan di ukur tegangan 5 v masih tetap drop langka selanjutnya lakukan pengecekan pada rangkaian  ac matic live yang mengunakan STR S6707 perhatikan pada rangkaian tersebut ada elko 220 uf / 400v, 220uf/50v dan 47uf/25 v ganti saja semua elko tersebut di jamin tv kembali normal.

LG SLIM  21SL1RD - TS
kondisi mati total
Langkah kerja:
-          Bersihkan seluruh cassing dan main board dari kotoran,amati keadaaan komponen ,jalur pcb dan bentuk kompenen bila di indikasikan mengalami kejanggalan bentuk. lakukan perbaikan seperlunya.
-          Pada tv LG ini mengunakan IC Micom mengunakan serial LV762113 C - IC sound mengunakan serial LA 42102, sedangkan IC vertikal mengunakan LA78141, FBT mengunakan BSC 25-N30329 dan IC power mengunakan serial STR W6541A.
-          Pertama kontrol pada pada blok acmatik ternyata tidak ada masalah hanya saja output dari acmatik  tidak mengeluarkan tegangaan.
-          Analisa di alihkan ke bagaian transistor horisontal ternyata short,untuk mengidentifikasi kerusakan mengunakan bohlam yang diseri antara koneksi output FBT dengan transistor horisontal. begitu di onkan ternyata screen FBT tidak keluar tegangan,ganti FBT begitu di onkan transistor kembali terbakar,gunakan bohlam kembali di cek secara seksama di temukan permasalahan pada C 183/2kv yang di gunalkan sebagai withd wave caupling untuk yoke defleksi horisontal ganti, tv bisa hidup namun masalah belum selesai,suara tidak keluar dan gambar tergulung secara vertikal.
-          Ganti IC saund LA 42102 kemudian pada bagaian resistor VCC 24 volt dari FBT untuk supply IC vertikal juga di ganti karena nilai tahananya membesar. Setelah di ganti tv kembali normal.

POLYTRON 1403RW
Gejala :
-          Pada kasus awal tv ini kadang kadang mati sendiri pada saat operasional,dalam kondisi dingin karena di matikan / swicth off  televisi ini lama sekali untuk bisa operasional normal.akhirnya dalam beberapa hari kemudian benar - benar tv sudah tidak dapat di hidupkan sama sekali.
ANALISA :
-          kerusakan di mungkin pada sistim catu daya atau protector di link IC micom.

LANGKAH KERJA :
-          Langkah pertama bersiskan printed board dari kotoran dan debu type tv ini menggunakan printed board chasis type HBEE - 05B,lakukan pengamatan pada komponen yang di curigai ada kelainan.
-          periksa jalur rangkaian pada chasis perhatikan tempat yang gosong karena over heating lakukan perbaikan seperlunya.
-          pada model tv ini menggunakan FBT seri DTS - 2010-D91 ,       IC micom menggunakan(ic 301)      HBT-00-40G,IC memory menggunakan (ic 302)  24C16WP sedangkan IC vertikal mengunakan(ic 404)      STV 4302 D..
-          pada langkah pengecekan tegangan power suplay output B+ 110 v terukur normal.sedangkan lainya terukur droup. tegangan 5 volt, 8 volt dan 12 volt terukur normal sepintas pada saat di start dengan  remote , namun begitu hidup langsung stand by.
-          dengan indikasi di atas akhirnya bisa di simpulkan bahwa sistim proteksi TV ini terganggu.
-         akhirnya di lakukan pergantian C 411 dengan nilai 1uf / 50 v dan C 401 dengan nilai 10 uf / 50 v yang merupakan elko copling dan elko filther pada transistor amp D 401. akhirnya kondisi tv kembali normal. 

SAMSUNG 21M 17MLH
Gejala :
-          TV hidup normal, suara normal,warna ada, gambar ada.permasalahan terletak pada posisi gambar terpelintir secara horisontal.bila mana di amati secara seksama gambar terpotong menjadi beberapa bagaian.
Langkah kerja:
-          Bersihkan cassing dan  mainboart dari kotoran dan debu yang menempel , amati komponen dan jalur jalur PCB dan perbaiki seperlunya bila di curigai ada kelainan.pada samsung modelini mengunakan T-KILPTH-1019 .SS46914A sebagai IC Micom dan gambar.IC memory mengunakan AS10C . Q171. IC matrik warna mengunakan TDA 9859 IC vertikal mengunakan LA 78040
-          Setelah melakukan beberapa pengamatan di dapat komponen capasitor tegangan tinggi terkoneksi oleh kolektor transistor damper horisontal.  C 405 mempunyai nilai 681/ 2KV yang terseri dengan R 414 dan DZ 402.komponen-komponen ini menuju ke ic gambar T-KILPTH-1019.
-          cek R 414 terbakar , C405 short, DZ short.  ganti C dengan ukuran 681nf / 2KV, R di ganti 120 K , dan DZ diganti dengan IN 4148.begitu TV ini di on kan TV kembali normal.

SAMSUNG CS29- Z40MQ
Gejala:  Awal pertama kondisi televisi mati total,lampu Led kontrol tidak menyala.
 Analisa kerusakan:  Bagian ac matic atau bagaian horisontal
 Langkah Kerja:
-              -  bersihkan kotoran & debu di seluruh chassing, tabung  dan printed.
-                  perhatikan kondisi komponen dan jalur pcb yang terlihat tidak normal.
-             - ukur secara manual IC regulator dan jalur acmatik,ternyata tidak ditemukan kelainan.
-           - analisa kerusakan dialihkan kebagaian sekunder ac matik tegangan +b 115 V hilang,pengukuran diarahkan  ke jalur transisistor horisontal ternyata short.
-         -  transistor horisontal J6810 di ganti, sistim kontrol Led bisa hidup namun ketika di "on"  kan startingnya tidak bisa ,lakukan pengukuran tegangan +B jatuh di 90 V,lakukan pengecekan di elko 220UF/160V ternyata mengalami bocor salah satu kakinya lakukan penggantian TV normal kembali.

SANYO - CG14SA1G
Gejala :
-          begitu tv  di hidupkan tampilan gambar pada layar hanya bergaris vertikal putih terang, tidak ada suara dan gambar.

Langkah kerja.
-          Buka tv bersihkan bagaian tv dalam dari kotoran dan debu.
-          pada tv sanyo model ini menggunakan ic micom LC86344, IC gambar menggunakan LA76818,IC vertikal menggunakan LA78040N dan IC sound mengunakan LA4266.
-          pengecekan awal pada output ac matic terdeteksi normal,pada output FBT seksi tegangan 24 V yang mensupply tegangan IC vertikal juga terdeteksi normal.
-          perhatian di fokuskan pada bagaian penerimaan gambar ( tuner ) di deteksi tegangan 5v untuk tegangan tuner drop sampai 2,5 v .
-          akhirnya di urutkan jalur permasalahan pada IC regulator 7805 soak, setelah IC regulator diganti, tv normal kembali .

PANASONIC 14v66 Hyper Band
Gejala :
-          Kerusakan awal pada TV pada tampilan gambar agak buram,brigness ataupun contras bila di maksimalkan gambar    sebelah kiri menghitam sedang pada sebelah kanan gambar terang.
LANGKAH KERJA :
-          Buka cover tv bersihkan debu dan kotoran yang melakat,amati jalur rangkaian lakukan soldier ulang bila di temukan kelainan pada kontak timah yang retak
-          TV ini mengunakan IC MICOM M1873284TG  - IC VIDEO M52770ASP - FBT type TLF 4051, IC SAUND LA 4289N , IC Vertikal LA7840
-          ukur tegangan otput ac matik 110v, 18v dan 12 v terindikasi normal , pada output FBT terukur 24v normal.
-          Kelainan di temukan pada tegangan 180v terukur 130v akhirnya di fokuskan pada jalur rangkaian ini di temukan pada elco 33uf/250 v mengalami kerusakan putus kaki + ganti elco 33uf/250v tv kembali normal.

PANASONIC   - TC14L3M
BISU
Gejala :
-          Pada waktu di gunakan gambar normal, warna normal tiba - tiba suara semakin mengecil, volume dinaikan suara tetap tidak terdengar.
 Langkah kerja.
-          buka cassing bersihkan debu dan kotoran yang melekat dalam pesawat tv.
-          speaker pada tv ini agak spesial walaupun produk lama ternyata sudah menganut sistim box sound sederhana.
-          IC suara menggunakan AN 5365 .cek speaker ok.
-          ukur tegangan vcc ic suara normal terukur 15 vdc.namun tidak terasa hangat pada heatsink di simpulkan bahwa ic suara stan by.
-          dilakukan sentuhan tangan pada pin ic terdengar getaran pada speaker di simpulkan ic juga dalam kondisi ok.
-          akhirnya di lakukan pengecekan pada sistim muting dan jalur input  ic suara.
-          Pada jalur input di ketemukan jalur terputus karena berjamur, sambung dengan jalur yang terputus dengan kabel tv kembali normal.

LG CF20T30 k
Gejala :
-          pada tv  kali ini mempunyai kerusakan yang cukup unik,pada pertama kali di hidupkan / on tampilan gambar berupa background layar gelap di ikuti  retrace warna merah , biru ,hijau tampil bergantian.jika sudah lama tv bisa  normal, baik gambar ,suara maupun warnanya.

Analisa kerusakan:
-          Pada sistim video  / IC gambar.
Langkah kerja perbaikan :
-          Bersihakan tv dari kotoran dan debu,amati komponen yang di indikasikan mengalami perubahan bentuk,amati jalur koneksi di PCB barang kali ada yang mengalami kelainan lakukan perbaikan seperlunya.
-          pada model tv ini menggunakan IC matrik warna yang terhubung dengan CRT dengan seri TDA 6167Q,IC video mengunakan TDA 9381PS/n2/3/0698. pada IC vertikal menggunakan LA 7840,sedangkan untuk suara menggunakan IC TDA 2005.
-          ukur tegangan dari output sekunder ac matik terindikasi normal begitu juga ukur tegangan di matrik tabung 180V dan tegangan control matrik 8v terindikasi baik.
-          akhirnya di adakan penggantian IC TDA 9381PS/n2/3/0698 tv kembali normal.

LG21CA82
Gejala :
-           kondisi tv mati, lampu led indikator mati namun masih terdengar decitan secara samar.
 Analisa :
-           kerusakan pada bagaian power supply dan horisontal driver
Langkah kerja:
-          pertama bersihkan bagaian dalam tv dari kotoran untuk mempermudah pengecekan.
-          pada tv ini mengunakan ic vertikal LA7840,FBT 6174z 6040c.
-          pada waktu di cek tegangaan +B 115 v tidak terukur,setelah dicek ternyata transistor horisontal TT2140 short.akhirnya di lakukan pergantian.setelah di pasang transistor langsung terbakar begitu power di hidupkan.
-          analisa di perluas kearah defleksi yoke, rangkaian driver out horisontal terutama pada capasitor tegangan tinggi pada tv ini menggunakan 682/1600v dan 212/ 2kv serta FBT.
-          untuk meminimalisasi kerugian,dilakukan pengecekan mengunakan bohlamp 100 watt,dengan cara kaki FBT yang ke jalur TR horisontal diputus kemidian di seri dengan bohlam tersebut.
-          ketika di hidupkan akhirnya dilakukan pengukuran pada G2 di jalur tabung teganganya tidak ada akhirnya disimpulkan FBT mengalami kerusakan.
-          dengan pergantian FBT tersebut TV kembali normal.

Kasus lain type ini...
Gejala :  tv mati total. lampu led tidak menyala
 Analisa :  kerusakan pada sistim power supply.
 Langkah kerja :
1.      pengukuran pada transistor horisontal TT2140 di temukan dalam kondisi short.kemudian setelah dicopot,
          tv dinyalakan kondisi  ACmatic output ok tegangan +B 110 v terdeteksi normal.
 2.     ketika di pasang transistor baru,begitu di on kan transistor langsung terbakar.
 3.     analisa di lanjutkan ke defleksi yoke kemungkinan terbakar, ternyata komponen tersebut dalam kondisi normal.
 4.    analisa dilanjutkan ke Capasitor tegangan tinggi di bagaian horisontal denagan nilai  682/2KV secara visual ok.
   untuk meyakinkan kondisi sebenarnya akhirnya di lakukan serangkaian uji coba jalur FBT yang masuk ke TR horisontal di  putus kemudian di seri dengan bohlam 100watt. ketika dilakukan cek pada jalur screen FBT tidak mengeluarkan tegangan.akhirnya di simpulkan FBT mengalami kerusakan ,langkah selanjutnya FBT di ganti .tv kembali normal.
 5.   Hati - hati melakukan analisa ini karena fbt yang kita beli ternyata di ukur manual  menggunakan multi tester terdeteksi normal  begitu di terapkan ternyata konslet.

TCL - T2175S
Gejala : ketika pertama kali dihidupkan kondisi gambar,suara,warna ada,
                  permasalahan pada tampilan lebar gambar atas bawah tidak penuh.
Analisa :  pada rangkaian bagian vertikal.

Langkah kerja :
-          bersihkan bagaian dalam TV baik di PCB ataupun cassing box dan tabung gambar dari debu.menggunakan kuas halus.
-          amati kondisi jalur di pcb bila ada yang retak atau terbakar lakukan soldir ulang atau perbaikan seperlunya.
-          amati semua kompenen ada yang berbeda dari kondisi normal, pada kasus tv TCL T2175S ini ditemukan c 308 dengan nilai 1000UF/25v.fungsi elko ini sebagai couple output ic vertikal ke arah DF yoke ( IC vertikal  menggunakan LA7640) melepuh karena over temperatur.setelah di lakukan penggantian pada komponen tersebut tv kembali normal.

TOSHIBA - 21JZ8DE
Gejala:
-          Pada saat pertama di hidupkan kondisi tv stand by , lampu control led menyala namun tidak bisa di start.
Analisa kerusakan:
-           Kerusakan di prediksi pada sistim mikro controler dan power supply.

Langkah kerja:
-          pada awal identifikasi feature tv mempunyai sistem wireless yang di applikasikan  untuk sistim surround.kontruksi tv speaker surroundnya terpisah dari cassing tv ( berdiri sendiri), sistim kerjanya terkoneksi sensor antara cassing tv dan cassing box speaker. IC saund mengunakan AN 5628, fbt seri TFB 4159AD,sedangkan ic jungle micom seri MN 10E02 HMF.
-          pertama lakukan pembersihan di dalam unit televisi dari kotoran dan debu.
-          lakukan pengecekan pada tegangan output ac matik unit.tidak di temukan kesalahan tegangan 5v untuk ic micom juga di identifikasi normal.
-          ketika di lakukan pengukuran tegangan di kolektor buffer transistor horisontal tidak di ketemukan tegangan, pencarian di arahkan pada trafo impedansi horisontal ternyata lilitan yang masuk ke transistor buffer terputus.tegangan di ukur sebesar 80 v, tegangan ini di supply dari +B 115 v.
-          langkah terakhir dilakukan penggantian trafo impedansi buffer horisontal tv kembali normal.hati hati untuk mengetes trafo impedansi pengganti dari over heating karena tegangan supply nya cukup tinggi.


SHARP 14R20D
Gejala Awal:
-          Pada awal sebelum mati stand by , tv sering kali tiba tiba mati tanpa sebab, setelah di hidupkan lewat remote atau panel TV kembali normal,lama kelaman sama sekali tidak bisa hidup hanya stand by.
Analisa :
-           kerusakan pada sistim kontrol startng horisontal
Langkah kerja:
-          Pertama bersihkan debu dan kotoran yang melekat pada casing dan printed board tv ,amati komponen dan jalur circuit dan lakukan perbaikan yang seperlunya bila ada jalur yang retak.
-          Pada model tv ini mengunakan micom laba-laba seri 1XB55WJ,FBT mengunakan seri BSC 26-26315, IC vertikal mengunakan 78040N dan IC suara mengunakan AN 17823 A sedangkan untuk power Acmatik mengunakan STR W5354A
-          Ukur tegangan di output skunder acmatik dengan cara TV di hidupkan lewat remote atau panel ukur tegangan masing masing output 110V, 16V dan 12V.
-          Kelainan di ketemukan pada kolector transistor horisontal driver tegangan 110 V tidak masuk,setelah di lakukan pengecekan secara seksama FBT mengalami gangguan / putus pada jalur +B ke jalur output yang terhubung ke seksi horisontal
-          Lakukan pergantian FBT, TV kembali normal

SHARP 14U15
Gejala:  kerusakan tv tersebut hanya bisa stand by dilihat dari lampu led indikator saja
 Analisa kerusakan : kerusakan di sistim power supply atau IC micom.
Langkah kerja:
-          Pertama - tama kita cek di jalur out put acmatic,ketika di on kan mengunakan remote tegangan +B 115 v terukur normal walau sekilas,kemudian di lanjutkan lagi penukuran di regulator 3.3 v juga dalam kondisi normal .selanjutnya pengukuran pada teganga 24 v yang di gunakan untuk mensuplay rangkaian vertikal mengalami masalah, tegangan jatuh ke 3v, analisa di pertajam di jalur ini. line ke ic vertikal di cabut/putus ternyata tegangan tetap tidak berubah.akhirnya di simpulkan bahwa fbt type F0193 pen-1sa bermasalah.ganti komponen tersebut tv kembali normal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MAAF, KOMENTAR DI MODERASI..
SMS / CALL SAJA YAA....